MAKALAH BUSINESS PRACTISE 4
PERUSAHAAN RETAIL PT. INDOMARCO PRIMATAMA (INDOMARET)
Nama Fasilitator : AGUS PURNOMO SIDI, S.Sos.,M.M
Nama Kelompok :
1. Afrita Setiawan (14102004)
2. Chelsea Kustyanti (14102028)
3. Lisa Wamaghfiroh (14102080)
4. Yulia Retno Wulansari (14102186)
5. Yusi Prasasti (14102085)
PERGURUAN TINGGI ASIA
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
2016
Nama Brand
|
: Indomaret
|
Tahun Berdiri
|
: 1988
|
Badan Hukum
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Pemilik
|
: PT. Indomarco Prismatama
|
Jumlah Outlet
|
: Lebih dari 10.000
|
PROFIL PERUSAHAAN INDOMARET
Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Juli 2009 Indomaret mencapai 3531 gerai. Dari total itu 1998 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.
SEJARAH INDOMARET
Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah.
Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang telah teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.
Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global
MOTTO
Mudah dan Hemat
KEUNGGULAN
- Bisnis Franchise Indomaret merupakan yang pertama di Indonesia, dan merupakan pionner dalam bidan ritel minimarket.
· Bisnis kami sudah teruji dengan jumlah 10.000 gerai, namun lebih dari 32 % adalah Franchise.
- produk yang kami sediakan fresh dan beragam baik itu kebutuhan sehari-hari, makanan siap saji, hingga sayur dan buah tersedia di Indomaret.
- Mempunyai sistem pembelian virtual, serta beragam promosi menggunakan Indomaret Card.
STRUKTUR PERUSAHAAN
Bagian Area / Toko Indomaret
a. Kepala Toko, bertugas :
· Mengkoordinir dan menjalankan semua kegiatan operasional.
· Mengkoordinir semua aktivitas toko di dalam memberikan pelayanan kepada semua pelanggan yang diarahkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan toko.
· Mengkoordinir dan mengelola bawahan sesuai dengan budaya perusahaan.
· Berkoordinir atau berhubungan dengan area coordinator atau departemen lain sehubung dengan adanya masalah atau program – program tertentu yang berkaitan dengan toko.
· Melakukan evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas – tugas operasional sehari-hari.
b. Wakil Kepala Toko, bertugas :
· Mengkoordinir dan menjalankan semua kegiatan operasional.
· Mengkoordinir semua aktivitas toko di dalam memberikan pelayanan kepada semua pelanggan yang diarahkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan meningkatkan jumlah pelanggan ditoko.
· Mengkoordinir dan mengelola bawahan dengan budaya perusahaan.
· Berkoordinir atau berhubungan dengan area coordinator atau departemen lain sehubung dengan adanya masalah atau program – program tertentu yang berkaitan dengan toko.
· Melakukan evaluasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas – tugas operasional sehari-hari.
· Melapor atau meminta persetujuan kepada Kepala Toko mengenai keputusan yang berhubungan dengan toko.
c. Merchandiser, bertugas :
· Mengkoordinir permintaan barang dagangan dari distribution center.
· Mengkoordinir pengeluaran atau retur barang dari toko ke distribution center.
· Mengkoordinir pendisplay-an barang dagangan baik dirak-rak penjualan ataupun gudang.
· Mengkoordinir dan memastikan sarana promosi terpasang sesuai petunjuk.
· Menjaga dan merawat sarana promosi tersebut.
· Menggantikan kepala toko atau asisten kepala toko apabila sedang off
d. Kasir, bertugas :
· Melaksanakan kebersihan.
· Mempersiapakan sarana kerja yang diperlukan.
· Melakukan pengawasan dan pencegahan barang hilang.
· Menerima penitipan barang.
· Melakukan proses transaksi penjualan langsung.
· Pemanjangan barang (display).
· Persiapan retur barang.
· Informasi dan penawaran program promosi.
· Pencetakan barang.
· Stock Opname.
· Penyebaran Leaflet.
e. Pramuniaga, bertugas :
· Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
· Melaksanakan kebersihan.
· Mempersiapakan sarana kerja yang diperlukan.
· Melakukan pengawasan dan pencegahan barang hilang.
· Menerima penitipan barang.
· Melakukan proses transaksi penjualan langsung.
· Pemajangan barang (display)
· Persiapan retur barang.
· Informasi dan penawaran program promosi.
· Pencetakan barang.
· Stock Opname.
· Penyebaran Leaflet.
· Informasi barang kosong kepada MD atau kepala toko atau asisten kepala toko.
SOP (STANDART OPERATIONAL PROSEDUR)
Indomaret adalah perusahaan berskala nasional yang bergerak di bidang ritel yang menyediakan kebutuhan pelanggan. Gerai-gerai indomaret tersebar di pulau Indonesia, sehingga pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya dengan mudah dan hemat.
Indomaret yang berkomitmen terhadap kepuasan pelanggan ini, juga memiliki sistem kerja yang disiplin. Kegiatan rutin sebelum memulai kerja ialah briefing pagi, yang selanjutnya disebut SOP (Standar Operasional Prosedur).
SOP dilakukan setiap hari Senin, Rabu , dan Jum'at sebelum mengawali kerja. SOP wajib dijalankan oleh karyawan office. Hal ini bertujuan agar karyawan disiplin dan lebih bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu, SOP bertujuan untuk menambah spirit kerja dan mengingatkan kembali akan budaya dan etos kerja di Indomaret.
Adapun susunan acara SOP antara lain:
1. Pukul 07.45 WIB seluruh karyawan office diwajibkan hadir di lokasi.
2. Pukul 07.50 WIB SOP dimulai dipimpin oleh pemimpin SOP, bentuk kegiatannya antara lain:
a. Do'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
b. Menyanyikan Mars Indomaret.
c. Mengucapkan janji karyawan Indomaret.
d. Briefing yang disampaikan oleh pimpinan perusahaan, pimpinan departemen ataupun manajer.
e. Pukul 08.00 SOP selesai.
JANJI KARYAWAN INDOMARET
1. Kami karyawan dan karyawati indomaret menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
2. Kami berjanji untuk bekerja dengan rajin dan sungguh-sungguh.
3. Kami berjanji untuk bekerja sama di dalam tim guna mencapai kemajuan perusahaan.
4. Kepuasan pelanggan adalah kepuasan kami
FLOWCHART PEMBELIAN
Lampiran
Semoga Bermanfaat ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar