Kamis, 07 April 2016

Resume seminar BP 4 oleh Dr. David Sukardi Kodrat,MM,cpm . PERGURUAN TINGGI ASIA




resume seminar BP 4 , Pemateri Dr.David Sukardi Kodrat,MM,cpm
Judul : 3 Tipe perusahaan , Aktivitas utama & 4 fungsi bisnis(production, marketing ,finance, HRD) Pada perusahaan manufaktur  retail dan service.


hasil resume :
perusahaan pada dasarnya dibagi menjadi 3 yaitu : perusahaan manufaktur , perusahaan retail , dan perusahaan jasa.
1. perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengubah barang mentah menjadi produk jadi melalui proses produksi kemudian dijual kepada pelanggan.
2. Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual atau memberi jasa kepada pihak lain atau masyarakat. Contohnya: bank, asuransi, transportasi, kantor akuntan, bengkel, salon, dan sebagainya.
3. perusahaan retail adalah perusahaan yang membeli produk ke pemasok dan menjual nya kembali.
>>Apa bedanyan perusahaan manufaktur , retail, jasa ?
Manufaktur best practise :
1. perusahaan wine (USA)
2. Perusahaan bento (japan)
model manajemen kualitas :
>Quality control
kelemahan : biaya costyang tinggi, tdk mengedepankan kualitas.
>quality by inspection
kelemahan : menseleksi pada terakhir proses produksi.
>Build in quality
bertugas mengawasi dan menseleksi pada produksi.
>total quality
bertugas pembuat dan mengawasi mutu dalam proses produksi.
berdasaarkan beberapa teori diatas , dalam hal ini perusahaan PT DENSO INDONESIA menggunakan sistem andon. dimana sistem andon ini terdapat push system dan pull system. push system adalam dalam proses produksi selalu ada stok barang , sedangkan pull system adalah tidak ada stok barang.
ada 8 cara untuk mengurangi pemborosan :
1. produksi berlebih (over production , fitur packaging, cetak , laporan)
2. waktu menunggu (mesin rusak , pesetujuan)
3. trasport yang tidak diperlukan
4. pemprosesan berlebih
5. inventory berlebih (entry data , berulang, alat sudah tidak memadai)
6. inventory berlebih (produksi tidak sesuai permintaan)
7. gerakan yang tidak diperlukan (mencari informasi ,menata brg, berjalan)
8. produk defect
9. kreatifitas karyawan yang tidak digunakan.
the toyota way
istilah 3M (Muda, Mura, Muri)
karakteristik industri retail :
1. perusahaan memberi barang untuk dijual kembali.
(ksf : DIFOTEF - persediaan )
2. kesuksesan perusahaan ditentukan oleh distribusi 
(ksf : coverage, spreading, penetrasi ,csp , display biz intelgen)
3. revenue ditentukan oleh untuk saluran distribusi yang digunakan perusahaan 
(ksf : struktur , sistem & strategi distribusi )
karekteristik service 
1. perusahaan menjual jasa
pelayanan (bukan barang ,fisik, riabiltas)
2. kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas layanan yang diterima pelanggan.
3. revenue ditentukan.



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar